Rabu, 14 Oktober 2009

BENANG BAJA LABA-LABA

BENANG BAJA LABA-LABA - Benang laba-laba ternyata lebih kuat daripada baja, lebih lentur daripada nilon, dan sangat ringan. Itulah benang high tech tiruan.
Perusahaan kanada,Nexia bio technologi kini akan memproduksi benang sutra laba-laba dengan teknik rekayasa genetika. Gen laba-laba dimasukkan ke dalam payudara kambing yang selanjutnya akan memproduksi susu yang mengandung protein sutera. Setiap liter susu diharapkan menghasilkan 15 gram protein yang lantas dipintal menjadi benang'baja bio'.
Benang itupun bisa diproduksi di lahan pertanian . Caranya, pada tanaman tembakau atau kentang disuntikkan gen laba-laba. Ratusan tanaman tembakau transgenik bisa menghasilkan 2 gram sutera.
Sayangnya proses pemintalan unsur itu menjadi benang masih bermasalah. Para pakar bioteknologi sedang bersusah payah mencari cara menggulung benang itu hingga menjadi sebesar harmonika.
Kalau masalah itu sudah terpecahkan, benang ajaib itu akan mempunyai banyak kegunaan. Bisa sebagai tali penahan(benang sebesar ibu jari kuat menahan bobot sebuah pesawat). Untuk bahan rompi anti peluru, bahkan untuk menjahit luka atau membuat kulit tiruan. Barangkali idenya diambil dari bangsa Romawi kuno yang pernah menggunakan sarang laba-laba untuk perban luka.

------
$

SHARE TWEET
Terimakasih sudah membaca artikel BENANG BAJA LABA-LABA dengan URL http://phoenix-saint-alex.blogspot.com/2009/10/benang-baja-laba-laba.html. Sempatkan juga untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya.

0 komentar:

Tulis komentar anda untuk artikel BENANG BAJA LABA-LABA di atas!